Wednesday, June 29, 2005

Titik Kritis..

Hahaha.. "Titik Kritis" salah satu istilah yang sering gw pake. Gw suka kata2 ini sejak jaman2 SMP dulu saat belajar persamaan kuadrat, trus SMU ada lagi, pas jaman kuliah juga ada di matakuliah kalkulus, matematika rekayasa, matematika fisika...

Gw jadi ingat ama guru matematika SMP yang bikin gw cinta mati ama logika dan matematika; Thanks buat Pak Abdul Lenin yang ngajarnya "gila" sambil ngerokok dan ketawa2 sampe2 hingga sekarang gw gak bisa lepas dari yang namanya matematika.

Nah salah satu bagian dari matematika ya belajar tentang titik kritis suatu persamaan.. dari nilai titik kritis yang diperoleh, kita bisa menentukan berbagai macam nilai2 yang lain, kita bisa memprediksi kira2 kecenderungan fungsi sebelum dan sesudahnya bagaimana nilainya. Titik kritis bisa aja nilai maksimum atau nilai minimum, tergantung yang ingin kita cari. Terus kita juga bisa menentukan titik kritis tersebut apakah hanya untuk selang lokal tertentu atau titik kritis tersebut merupakan titik kritis global..

Ternyata aplikasinya banyak banget!! Apalagi untuk yang kuliah di engineering pasti menghadapi menghitung titik kritis, hanya saja nama2nya aja mungkin beda. Mulai dari kuliah Fenomena Gelombang, Fisika Modern, Kontrol, Akustik, Pengolahan Sinyal semuanya gak jauh2 dari menghitung titik kritis dengan tampilan yang sedikit berbeda.

Makanya gw suka banget dengan istilah ini.. Sampe2 kebawa2 dalam kehidupan, bahkan mimpi

Hahaha...

No comments: