Wednesday, July 29, 2009

Sang Alkemis; sebuah novel sederhana yang tidak sederhana

Sang Alkemis adalah salah satu novel favorite Gw yang Gw baca berkali-kali tanpa bosan! This novel is about me and you, about us! Novel sederhana tentang petualangan, impian dan cinta. Membaca novel ini tidak akan seperti membaca Harry Pottery atau Narnia yg akan membawa kita ke dunia lain atau tidak seperti novelnya Dan Brawn yg membawa kita ke misteri patung-patung, membaca novel Sang Alkemis ini ini membawa kita kepada diri kita sendiri dan impian-impian kita.



Impian, simbol, tanda-tanda dan petualangan selalu mengikuti Gw sehingga sangat menyukai kebijakan sederhana saat membaca yang disuarakan oleh Sang Alkemis kepada Santiago, tokoh dalam novel karangan Paulo Coelho ini. Sang Alkemis adalah sebuah novel yang mengkombinasikan atmosphere mistisme abad pertengahan dengan nyayian indah gurun sahara. Dengan penuh simbolisme, novel ini mengajak kita untuk tidak takut menghadapi takdir personal kita, suara hati dan membuat kita untuk kembali mengikuti impian-impian kita, karena hanya dengan menemukan takdir dan misi personal kita di dunia ini, kita bisa menemukan jalan untuk menemukan Tuhan, menemukan nilai dari setiap kebahagiaan dan arti keberadaan dan penciptaan kita olehNya.

Novel ini menceritakan dongeng tentang Santiago, seorang bocah laki-laki dari Spanyol yang memiliki impian serta keteguhan hati untuk mengejar impian tersebut. Setelah mendengarkan tanda-tanda “personal sign”-nya, Santiago berpetualang mengejar impiannya, melakukan self exploration, mencari tanda-tanda untuk menemukan harta karun yang tersembunyi disekitar pyramids di Mesir.

Saat akan berangkat berpetualang, ayah Santiago berpesan “Kelilingi dunia sampai kamu menyadari bahwa istana kitalah yang terindah dan wanita-wanita kitalah yang terindah”. Dalam petualangannya, Santiago berhasil menemukan indahnya dunia dan menemukan orang-orang yang menarik seperti Raja, Pedagang, dan Alkemis. Namun bagaimanapun juga, diakhir novel ini, Santiago tidak bisa membohongi hatinya kalau harta karun yang terindah itu adalah petualangan yang telah dilaluinya, pencapaian yang telah dia buat dan kebijaksanaan yang diperolehnya dalam setiap perjalanannya.

Sang Alkemis adalah novel yang sangat menarik karena penuh dengan semangat optimisme; novel ini menceritakan bahwa “segalanya mungkin terjadi selama kita benar benar menginginkan hal tersebut terjadi”. Mungkin kata tersebut terdengar terlalu menyederhanakan philosophy dan mistisme abad pertengahan, tapi Gw sangat menyukai ide “hal sederhana akan jauh lebih bernilai dan hanya orang yang bijak yang bisa menghargai kesederhanaan”

Sang Alkemis dalam bentuk seorang Raja berkata pada Santiago “Saat kamu benar-benar ingin sesuatu terjadi, maka seluruh universe akan bersatu padu untuk membuat apa yang kamu inginkan itu menjadi kenyataan”. Inilah yang menjadi inti philosophy dan getaran yang bisa kita rasakan saat membaca novel ini. Dan kenyataannya memang sebagian besar dari kita termasuk Gw ingin sekali mempercayai apa yang dikatakan oleh Sang Alkemis tentang mewujudkan impian! Walaupun terkadang kita kehilangan kekuatan untuk mengontrol hidup kita dan harus menghargai takdir yang telah kita jalani.

Dalam novel ini juga diceritakan Santiago menemukan soulmatenya dan rahasia kebijaksanaan dalam liarnya alam gurun. Menurut Gw, gurun merupakan symbol dari rintangan dan kehidupan. Di gurun Santiago bertemu dengan pasangan hidupnya, dan menemukan bahwa cinta adalah inti dari keberadaan dan penciptaan. Seperti yang dituliskan Coelho dalam novel ini, "saat kita jatuh cinta maka kita akan selalu mencoba untuk mengimprove diri kita dan saat-saat jatuh cinta adalah dimana semua hal mungkin terjadi pada diri kita", everything possible saat jatuh cinta. Saat mengejar impianlah kita akan menemukan cinta sejati. Bentuk cinta di inspirasikan dalam kata-kata indah "I love you because the whole universe conspired for me to come close to you".

I love U full!

You can read and enjoy this novel!

4 comments:

Anonymous said...

Nope, I didn`t enjoy it. Kind a weird. Better for me to read and enjoy Harlequein... Hahahhaha....

davidrahman said...

Hahaha... Harlequin apalagi yg ada Ikyu2nya ya Un? Kesukaan lo bgt tuh.

Anonymous said...

"I love you because the whole universe conspired for me to come close to you".

ki juga suka kalimat itu vid. romantis, lucu dan ngena banget!! jadi ingat obrolan waktu itu soal sobat kita itu vid. the whole universe conspired for them juga kali yaa, hehehe...

nama: susy said...

vid...sukaaaa deh ma postingannya secara mba juga sekarang jadi fans nya Coelho, thanks ya dah mengenalkan Coelho pada mba, it help me to see the life & love :D