Wednesday, December 07, 2011

K-Pop? K-Drama? Sorry I don't Understand

Bekerja di perusahaan gede kyk GS engineering & construction membuat banyak orang2 disini sedikit menghargai gw. Sebagai non-inhabitant yang beberapa kali travelling sampai ke middle east. Gw akan berbagi cerita mengenai karakter orang-orang Korea yang gw temui. Tentu saja dari sudut pandang Engineer dari Indonesia kyk gw.

Rata-rata orang Korea susah englishnya, bahkan freshman (engineer entry level) setingkat sarjana yang baru masuk kerja ngomong englishnya susah bener. Padahal mereka sudah belajar english dari jaman SD, hell! Anehnya mereka pikir English mereka bagus.. wakakak.. Gw punya teman sesama instrument engineer namanya Jung, dia tamatan Georgia tech USA, dia orang Korea yang englishnya paling bagus yang pernah gw temuin, itupun karena dia kuliah di USA. Jung bilang ke gw “David, Korean English is shiiit, you will not understand them” dia ngomong begitu ke gw dihari pertama gw kerja di GS, dan dia adalah Korean pertama yang menyapa gw. Dia bilang “Korean people are difficult, not like another country.” Untung dia bilang ke gw dihari pertama gw masuk, sampai sekarang gw memang membuktikan apa yang dia bilang.

Orang Korea menarik? Gak sama sekali menurut gw. Gw gak ngerti kenapa ada orang yang bisa tergila2 dengan K-Pop, Korean drama, aktris Korea atau apapun itu. Apa menariknya melihat muka yang di surgery, dengan cetakan yang hampir sama bentuknya, suara yang cempreng dan pas-pasan berlenggak lenggok? Atau drama korea yang nyontek drama Jepang, ide ceritanya gak jelas, dan bertolak belakang sama kehidupan sehari-hari? Jangan pernah membayangkan kehidupan orang sini seperti drama-drama yang mereka bikin, 180% bertolak belakang, beda banget! Orang korea aslinya adalah orang yang dingin, penakut, mereka egocentris, humor mereka gak jelas, anak mudanya munafik, jelas sekali kalau mereka inferior dan gak kreatif.

Munafik? Ya! Orang sini takut untuk menjadi berbeda, takut untuk ketinggalan mode. Jadilah kalau disubway, semua orang memakai pakaian dengan model yang sama, tas model sama, sepatu model sama. Freak! Ketawa gw ngelihatnya kasihan, mereka bener2 diperbudak oleh tukang jualan. Gw ngebayangin, “pantes gampang mengatur masyarakat sini, karena menjadi berbeda itu sebuah kesalahan disini” Coba bayangkan perasaan gw sebagai orang yang nyata-nyata berbeda dengan mereka?? Wakakak.. Jung bilang ama gw “It will be difficult with you to make a friend with Korean, they think they are modern and western style but not.” dan itu benar adanya. Cuman sedikit orang sini yang tulus untuk menjadi teman.

Mereka berfikir mereka paling pintar, padahal minta ampun, susahnya memahami sesuatu. Ini adalah masalah yang paling parah menurut gw. Gw bersyukur boss gw Mr. Kang adalah orang yang lama tinggal di luar negeri, jadi jauh lebih open minded. Disetiap team meeting dia selalu bilang kelemahan2 orang sini dan dia selalu takut dengan cara berfikir anak muda anakmuda disini yang malas dan lambat mengerti. Mr. Kang selalu bilang “David, 5 years working experience in Korea is nothing but they think they understand well, do you know what I mean?” dan gw tertawa, 6 bulan kerja disini, gw menyadari apa yang dia maksud. Boss gw suruh semua orang nanya ke gw kalau ada masalah engineering, tentu saja Koreannya bertanya dengan ogah2an, secara umurnya lebih tua dari gw. heuheu.. Pekerjaan yang biasa gw lakukan 2 jam di Indonesia, disini dikerjakan oleh engineer sini 8 jam. Hayhay,.. Untung gak ada yang sotoy dan sok ngajarin.

Gw akui Seoul adalah kota yang lengkap, modern, bersih. Tapi kadang terlalu dingin untuk non inhabitant kyk gw. Faktanya menurut gw Korea itu gak punya heritage. Mungkin karena mereka ada diantara China dan Jepang, jadinya nanggung. Hehehe.. Mau ngomong kerajaan, history kaisar gak ada, istana/palace cuman gitu2 aja, bingung gw. Jauh lebih wah ngomongin heritagenya China ato Jepang. Mereka beruntung dulu dibantu USA saat perang Korea, karena posisi mereka di antara China & Jepang, Amerika mengendalikan Korea sampai sekarang.

Ntar gw sambung lg deh, kita belum ngomongin fisik ini. Hahaha..






3 comments:

yaya said...

Don't be so harsh, boy. Setiap org punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

I can't agree more about their celebrity. Males bgt liat muka2 oplas berseliweran tapi sok cantik pdhl jelas2 cantik buatan. Tp jgn lupa kalau Jepang dan Cina sama aja. Korea, Jepang, Cina juga selebritinya rata2 oplas kok. Paling tinggi tingkat oplas malah Jepang lho, bukan Korea. Org2 Korea rata2 oplas ke Jepang. Jd sama aja. Pernah liat Ayumi Hamasaki? Wow~ Itu MJ versi Jepang.

K-Pop. Well, kl ngomongin boyband atau girlband, yeah.. Most of them are suck.. Hanya 1/2 yg masih enak didenger.. Tp bknnya dimana2 yg namanya boyband itu mmg standard2 aja? Do you mean Backstreet Boys or NSync or Boyzone or Westlife are better? No way. Sama aja. Coba dengarkan lagu2 ballad dan RnB nya Korea, Pid. Rata2 mrk solois. Honestly, they sound better than Japanese or Chinese. Some bahkan bisa dibandingkan sama American singer. Ga percaya? Cari tau ayo.. Korean music is not all about boyband/girlband. If you open your heart to listen to the REAL music there, you'll understand.

Drama or movie, yeah OK! Most of them are suck! Ceritanya gitu2 aja. Cowok kaya, cewe miskin, cinta segitiga, sakit parah yang mematikan. Mati. Tipikal. That's why I don't really like Korean cinemaography named it drama or movie. So yeah, I agree.

Soal sikap, ga bisa komen banyak soalnya ga pengalaman langsung. Tp most Korean can't speak English, that's why some of them who think they can (honestly they cannot if you ask me) will be very proud with their broken English. You know why? Krn org2 sekitar mrk akan muji2 mrk kl mrk bisa Inggris dikit aja. It will make the too proud and then arrogant. Nah, yg ga bisa, mrk takut sama org asing lho. Ini temen Ya sendiri yg bilang. Kl ada org asing yg ngajak ngomong Inggris, kabur pasti. Jgn jauh2 di Korea deh, Thailand aja wkt Ya maen dulu kesana juga sama. Yg bisa Inggris meski broken gitu msh mau jawab. Tp yg ga bisa tuh mmg dingin banget. They're fear, dear.. Bukannya kasar ataupun ga sopan.. Tp kl diajak ngobrol Korea meski patah2, they will welcome you. Saran Ya, try to learn their language. You cannot be in a country without learning their language. That's their place, so follow their rules.

Soal anak muda yg malas, takut beda, I can't agree more. Mmg begitulah mrk. Scary you know.

Keep writing, but try to not too judging, ok.. Love your blog.. Try mine~ ^__^ http://subarashii-garu.blogspot.com

davidrahman said...

Hahaha.. Its my style Uni, try to think differently. Kalo yg bagus2 gak usah disebut lah Uni, semua juga tau. Pengamatan 9 bulan ini.

I have Korean friends di apartment :) Jadi tau bagaimana mereka saling mengomen, saingan, konflik, lucu juga liatnya. Hehe..

My boss said "Jobless in Korea increasing dramatically, not because no job in there, but because our young people are too arrogant" Hihihi.. dia beberapa kali curhat tentang anaknya.

Korean yang pernah keluar negeri rata-rata lebih open minded dan bisa diajak diskusi banyak hal.

Eniwei, I love this country its so beautiful, the season, weather, the river, mountain, food, the traditional culture, etc. I think their traditional style is more interesting honestly. I learn so much positive thing in here and make me stronger. I will miss it sometimes. But the young men make me suck sometimes. They respect me as Indonesian if only they know I work in GS.

See you next month Uni, it will be a priceless experience in Korea. Especially in SNU near to Insadong, a lot of interesting place in there.

yaya said...

Haaaa~ Hahahaha. It's just...
The way you describe it just like you hate being there. Hahaha.

Kl soal org mudanya. Mmg begitu sepertinya. Ya jg pernah dibilangin sama guru bhs Korea yg org Korea kl dia jg cuma bisa geleng2 kepala liat kelakuan org muda disitu. Terutama kl liat netizen-nya. Maaak~ Sadis bgt.. -___-;

What is Insadong? What kind of interesting place in there? Pengen jalan2 ke gunung, sungai, danau, national treasure, dll. Soalnya Ya hobi foto2, jd pengen menjelajah uy. Pernah jalan2 jauh disitu Pid? Ya pengen nyoba different style of Kimchi in different place. Gara2 nonton 1n2d yg soal Kimchi jd pengen. Hahaha. *ketauan tukang makan*